Jumat, 02 November 2012

Sejarah Topi Pet

Sejarah Topi Pet

Secara historis topi ini dulu dipakai dalam situasi santai atau siang hari, terutama oleh kelas pekerja. Pada tahun 1571, Parlemen Inggris menetapkan kebijakan yang mewajibkan semua laki-laki dan anak laki-laki diatas usia 6 tahun (kecuali bangsawan dan pendeta) untuk memakai topi ini pada hari-hari suci dan hari minggu.Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan perdagangan wol. Pria yang tidak mematuhi aturan tersebut akan didenda.
[Image: Shaggydog_photo.jpg]

Meskipun hukum itu sudah dihapuskan pada tahun 1597, tetapi mereka masih terus memakai topi pet ini. Secara fungsional topi ini memberikan keteduhan dan sangat sesuai dengan cara berpakaian pria pada saat itu. Setelah imigran Eropa menetap di Amerika Serikat, topi pet ini menjadi fashion di Amerika.
Topi pet ini sangat berkaitan erat dengan warga negara Inggris. Di zaman modern, Pangeran Charles dari Wales sering terlihat menggunakan topi ini. Di London para pekerja juga sering diidentikan dengan pemakai topi ini.
Di Amerika pada abad ke-20 dan abad ke-21 topi pet ini dipakai oleh model fashion wanita kelas atas, penyanyi hip-hop, dan pria kerah biru. Sampai sekarang topi pet ini dibuat dalam desain yang tenang ataupun mencolok yang bisa membuat para kaula muda tertarik untuk memakainya.
Topi pet ini di Indonesia sering juga disebut sebagai topi pelukis, hal ini dikarenakan banyak kalangan pelukis di Indonesia sering menggunakan topi jenis ini. Bahkan adapula sebagian orang yang menjuluki topi ini sebagai topi copet. Skarang topi pet di Indonesia sering dipakai oleh para penggemar vespa.
http://cepcepicepotcipta.blogspot.com/20...i-pet.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar